AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
Oleh IMAM SUBAKTI
Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten
Bojonegoro Jawa Timur
LATAR BELAKANG
Membangun karakter Murid dapat dilakukan dengan pembiasaan
Disiplin Positif. Pemberian Hukuman ataupun penghargaan selama ini dianggap
sebagai bentuk pembelajaran disiplin bagi murid. Mungkin pada saat murid
mendapatkan hukuman atau penghargaan, murid akan bertindak atau bersikap
seperti yang kita harapakan tapi itu hanya bersipat sementara karena
motivasinya dari luar atau motivasi eksternal. Pemberian hukuman ataupun
penghargaan juga dapat mendorong murid untuk berbohong supaya terhindar dari
hukuman.
Cara yang tepat untuk menanamkan budaya positif disekolah yaitu
dengan menerapkan restitusi terhadap murid yang melakukan pelanggaran. Dengan
restitusi, murid dapat menyadari kesalahannya dan mencari solusi dari
kesalahannya secara mandiri sehingga murid dapat kembali kepada kelompoknya
dengan karakter yang lebih kuat.
TUJUAN
Dengan
menyusun keyakinan kelas bersama murid, diharapkan dapat memberikan kesadaran
untuk melaksanakan keyakinan kelas tersebut sehingga tercipta disiplin positif
disekolah. Adanya disiplin positif akan membentuk karakter yang baik dan
mewujudkan merdeka belajar bagi murid.
Tolak Ukur
Tolak
Ukur dari kegiatan ini yaitu murid memiliki karakter yang baik, murid merasa
nyaman di lingkungan sekolah, murid memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran
yang tinggi dalam melakukan kebaikan dan murid mampu menerapkan dan menjaga
komitmen yang telah disepakati Bersama.
LINI MASA YANG SAYA LAKUKAN
·
Meminta ijin dan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk melaksanakan
aksi nyata.
·
Membuat rencana tindakan pengembangan pembelajaran yang menyenangkan dan
berpusat pada anak.
·
Membuat keyakinan kelas sebagai dasar budaya positif yang akan selalu
diyakini setiap peserta didik.
·
Melakukan kegiatan pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas dan
daya cipta peserta didik sehingga tumbuh daya nalar peserta didik.
·
Bekerjasama dengan orangtua murid untuk memfasilitasi anak – anak dengan
bahan dan alat pendukung yang digunakan dalam pembelajaran.
·
Melakukan refleksi dan evaluasi.
DOKUMENTASI AKSI NYATA
Comments
Post a Comment