AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

Oleh IMAM SUBAKTI

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur

LATAR BELAKANG

Membangun karakter Murid dapat dilakukan dengan pembiasaan Disiplin Positif. Pemberian Hukuman ataupun penghargaan selama ini dianggap sebagai bentuk pembelajaran disiplin bagi murid. Mungkin pada saat murid mendapatkan hukuman atau penghargaan, murid akan bertindak atau bersikap seperti yang kita harapakan tapi itu hanya bersipat sementara karena motivasinya dari luar atau motivasi eksternal. Pemberian hukuman ataupun penghargaan juga dapat mendorong murid untuk berbohong supaya terhindar dari hukuman.

Cara yang tepat untuk menanamkan budaya positif disekolah yaitu dengan menerapkan restitusi terhadap murid yang melakukan pelanggaran. Dengan restitusi, murid dapat menyadari kesalahannya dan mencari solusi dari kesalahannya secara mandiri sehingga murid dapat kembali kepada kelompoknya dengan karakter yang lebih kuat.

 

TUJUAN

Dengan menyusun keyakinan kelas bersama murid, diharapkan dapat memberikan kesadaran untuk melaksanakan keyakinan kelas tersebut sehingga tercipta disiplin positif disekolah. Adanya disiplin positif akan membentuk karakter yang baik dan mewujudkan merdeka belajar bagi murid.

 

Tolak Ukur

Tolak Ukur dari kegiatan ini yaitu murid memiliki karakter yang baik, murid merasa nyaman di lingkungan sekolah, murid memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi dalam melakukan kebaikan dan murid mampu menerapkan dan menjaga komitmen yang telah disepakati Bersama.

 

LINI MASA YANG SAYA LAKUKAN

·           Meminta ijin dan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk melaksanakan aksi nyata.

·           Membuat rencana tindakan pengembangan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada anak.

·           Membuat keyakinan kelas sebagai dasar budaya positif yang akan selalu diyakini setiap peserta didik.

·           Melakukan kegiatan pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas dan daya cipta peserta didik sehingga tumbuh daya nalar peserta didik.

·           Bekerjasama dengan orangtua murid untuk memfasilitasi anak – anak dengan bahan dan alat pendukung yang digunakan dalam pembelajaran.

·           Melakukan refleksi dan evaluasi.

 

DOKUMENTASI AKSI NYATA






Comments

Popular posts from this blog